Pemdes Palugon Realisasikan Dana Bantuan Khusus Tahun 2024 Masyarakat Segera Dapat Merasakan Manfaatnya

Cilacap – Bantuan keuangan khusus desa adalah dana yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa. Dana ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi lokal, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat.

Di tahun 2024 Pemerintah Desa Palugon realisasikan dana bantuan khusus tahun 2024 untuk pembangunan infrastruktur jalan jenis rabat beton yang lokasi tepatnya ada di rt 04 Rw 05 dusun Gedog dan RT 03 RW 02 dusun Panenjoan. Selain infrastruktur adapula untuk pemberdayaan masyarakat tata boga serta bantuan seragam untuk siswa siswi SD dan SMP kategori miskin.

Kades Palugon, Tasja Al Suryana melalui Sekertaris desa Casro mengatakan, “
Dana bantuan khusus yang direalisasikan pemerintah Desa Palugon Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap total anggaran kurang lebih sekitar 350 juta yang dialokasikan untuk fisik berkisar 70% dan non fisik 30%.

Untuk fisik yaitu untuk pembangunan jalan jenis rabat beton 2 titik yaitu didusun gedog dan dusun panenjoan. Untuk non fisik yakni pemberdayaan masyarakat tata boga serta bantuan seragam untuk siswa siswi SD dan SMP kategori miskin serta beasiswa untuk siswa 2 Sekolah Dasar jumlah 50 orang persiswa Rp. 975,000,- dan 1 Smp 16 orang persiswa Rp. 1.647.000,- setiap siswa nya. “Katanya.

Lebih lanjut dikatakan Casro, ” bantuan pendidikan bagi siswa miskin berupa berupa seragam sekolah dan beasiswa yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten. “Ujarnya.

Ditambahkan Sekertaris desa Palugon, Casro, “Semoga bantuan untuk siswa miskin bisa menambah semangat para anak-anak, untuk terus belajar dan menambah semangat dalam bersekolah”.Imbuhnya.

Beliau berharap agar kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan, untuk mensejahterakan siswa siswi yang ada di Desa Palugon ini.

Kades Tasja Al Suryana melalui Sekertaris desa Casro mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas Program BKK Bermasa,Pemdes Palugon dalam memanfaatkan Dana Bermasa, yakni Pembangunan Infrastruktur, Pemberdayaan Masyarakat dan bantuan untuk siswa miskin. Diharapkan bantuan tersebut bisa rasakan manfaatnya. (Tons)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *