Satgas OMPL Polres Banjar Melaksanakan Pengamanan Kegiatan Rakor Persiapan Pembetukan KPPS

Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto, S.I.K.,M.H. selaku Kaopsres (Kepala Operasi Resor) melalui para Kasatgas Operasi Mantap Praja (OMP) Lodaya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pembetukan Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) di salah satu Kafe di Kota Banjar.

Salah satunya Satgas Preventif melaksanakan pengamanan melekat di lokasi tersebut. Diikuti oleh Satgas Preemtif dan Satgas Gakkum memonitoring kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Terkait hal tersebut Kapolres Banjar melalui Kasubsi PIDM Si Humas Polres Banjar Bripka Didik Rahmat, S.E. kegiatan rakor tersebut merupakan salah satu tahapan kegiatan Pilkada Serentak yang mana harus diamankan dan dimonitor demi lancarnya kegiatan tersebut.

“Ini merupakan salah satu tahapan penting pada pelaksanaan Pilkada, KPPS merupakan ujung tombak petugas pada tahapan pemungutan suara nanti hingga penghitunhan suara. Sehingga Kami melalui beberapa Satgas Ops Mantap Praja Lodaya melaksanakan pengamanan, demi lancarnya kegiatan tersebut,” Ucapnya. (16/09/2024)

Menurut Ketua KPU Muhamad Mukhis melalui Nurhasanah Div Sosparmas Diklih KPU Kota Banjar mengatakan KPU telah memulai proses pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS),” Ucapnya.

Tambahnya, KPU Kota Banjar mengumumkan pembukaan perekrutan anggota KPPS mulai Tanggal 17 sampai 28 September 2024, bagi warga setempat yang memenuhi syarat dalam prosesnya, calon anggota KPPS diharuskan berusia antara 20 hingga 50 tahun, memiliki pendidikan minimal SMA atau sederajat, serta tidak memiliki afiliasi dengan partai politik mana pun. Persyaratan ini diberlakukan untuk menjamin netralitas dan integritas anggota KPPS dalam melaksanakan tugasnya.

“KPPS memegang peran krusial dalam keberhasilan pemilu di tingkat TPS, karena itu seleksi dilakukan dengan ketat. Kami mengutamakan individu yang tidak hanya cakap secara administratif, tetapi juga berintegritas,” ujar melalui Kadiv Sorparmas Diklih Kota Banjar Nurhasanah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *